Blog berita Teknologi, Gadget & Seputar dunia IT dari berbagai sumber portal berita di rangkum disini.

Jumat, 21 November 2014

Tabloid Pulsa Latest Update: Nexus 9 vs iPad Mini 3, Tablet Mini yang Paling Mumpuni

Nexus 9 vs iPad Mini 3, Tablet Mini yang Paling Mumpuni
Nov 21st 2014, 03:19
Featured
Nexus 9 vs iPad Mini 3
Bosan rasanya melihat perbandingan produk Samsung dan Apple. Kali ini kami coba sesuatu yang berbeda, yakni tablet Apple iPad Mini 3 dan HTC Nexus 9. Mana yang lebih baik?

Baca juga:
HTC Nexus 9, Bakal Gunakan Chipset NVIDIA?
Review: iPad Mini 2, Lebih Mempesona dengan Layar Retina
Google: Nexus 9 Tidak Untuk Dibandingkan dengan iPad Air 2

Kedua perusahaan ini dikenal membenamkan standar spesifikasi terbaik untuk setiap perangkat flagship mereka, namun diantara kedua tablet mini ini mana yang lebih baik? lihat perbandingannya berikut ini.

Disain

Nexus 9: Soft, matte plastic back, brushed metal sides, 7.95mm thick, 425g (Wi-Fi)

iPad Mini 3: Aluminium body, 7.5mm thick, 331g (Wi-Fi) or 341g (Wi-Fi and 4G LTE)

Secara bentuk keduanya memiliki desain yang hampir sama, namun keduanya menempatkan posisi tombol ditempat yang berbeda. Tidak hanya hanya dilihat dari sisi estetika, dari sini bisa disesuaikan sesuai kenyamanan pengguna.

Dimensinya Nexus 9 buatan HTC pynya bentuk yang lebih panjang, lebih lebar dan lebih tebal dari iPad Mini 3. Keduanya menggunakan material yang sangat bertolak belakang. Nexus 9 menggunakan material plastic sedangkan iPad Mini 3 menggunakan bahan Aluminium. Meski menggunakan material yang lebih kokoh, iPad mini 3 memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan Nexus 9.

Dari sisi desain keduanya memang memenuhi semua syarat sebagai tablet premium saat ini. Namun iPad Mini dirasakan lebih elegan jika dinilai dari sisi konstruksi.

Layar

Nexus 9: 8.9-inch, 2048 x 1536p resolution, IPS

iPad Mini 3: 7.9-inch, 2048 x 1536p resolution, IPS

Dari sisi layar keduanya dinilai memiliki kemampuan dan kualitas yang sama kuat. Mulai jenis layar, kualitas resolusi hingga kekuatan yang melapisinya masing-masing.

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan rasio 16: 9, Nexus 9 kini memiliki aspek rasio 4: 3. Sehingga membuatnya sama dengan iPad Mini 3 yang membuat layar nampak yang jauh lebih besar sehingga keduanya nyaman digunakan baik untuk game, browsing web dan aplikasi.

Namun jika dilihat secara teliti kerapatan piksel dari iPad Mini 3 memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dibandingkan Nexus 9. Namun meski begitu dengan luas layar yang 1 inci lebih luas, Nexus 9 nampak lebih nyaman digunakan.

Hardware

Nexus 9: 64-bit Nvidia Tegra K1 CPU, RAM 1GB, Pilihan memori 16GB and 32GB options

iPad Mini: 64-bit Apple A7 CPU, RAM 2 GB, Pilihan memori 16GB, 64GB and 128GB

Demi mengejar ketertinggalan perangkat Android, HTC Nexus 9 kini sudah dibekali dengan prosesor 64-bit. Nexus 9 gunakan Nvidia Tegra K1 dengan kecepatan clock 2.3GHz ang dipadukan dengan RAM 2GB.

Dengan menggunakan Nvidia Tegra K1 berarti Nexus menggunakan API dan sistem yang sama dengan game PC. Hal ini memungkinkan game android lebih baik dan lebih lancar dari pada tablet lainnya.

Berbeda dengan Apple yang memutuskan untuk tidak meng-upgrade CPU dan RAM pada iPad Mini 3. Karena tablet ini masih menggunakan prosesor Apple A7 yang sama dengan iPhone 5S, iPhone 5C, iPad mini 2 dan iPad Air.

Dengan prosesor ini iPad mini 3 dapat dinavigasi dengan kinerja yang cepat yang responsif. Dipadukan dengan iOS 8, iPad Mini 3 memiliki kemajuan untuk menjalankan banyak permainan, seperti 3D games yang manawarkan kemampuan performa yang lebih baik dari generasi iPhone dan iPad sebelumnya.

Diluncurkan paling terakhir Nexus 9 faktanya memiliki teknologi prosesor dengan teknologi yang lebih baru. Berbeda dengan iPad mini 3 yang masih menggunakan teknologi yang sudah digunakan 1 tahun yang lalu. Namun meski begitu iPad mini punya RAM yang lebih baik dengan 2 GB.

Dari sisi memori yang ditawarkan iPad mini 3 memiliki pilihan memori yang paling banyak dibandingkan Nexus 9. Jika Nexus 9 hanya menawarkan memori internal maksimal 23 GB, iPad Mini3 malah memiliki pilihan memori internal hingga 128 GB, meskipun harganya pasti akan menyesuaikan.

Kamera

Nexus 9: 8-megapixel rear and 1.6-megapixel front-facing cameras

iPad mini 3: 5-megapixel rear and 1.2-megapixel front-facing cameras

Kamera memang bukan merupakan fitur utama untuk sebuah tablet, namun biar bagaimanapun, ada baiknya kita juga memperhatikan kamera yang dimiliinya. Dari fitur ini Nexus 9 punya resolusi kamera yang paling tinggi dibandingkan iPad Mini 3 baik pada kamera belakang maupun kamera belakang.

OS

Nexus 9: Android 5.0 Lollipop

iPad mini 3: iOS 8

Keduanya OS berbeda platform ini memang tidak bisa dibandingkan satu sama lain. Namun setidaknya Anda akan mendapatkan gambaran dari kedua OS ini.

Dengan menggunakan OS baru keduanya baik Nexus 9 dan the iPad mini 3 sekarang memiliki interface yang berbeda satu sama lainnya. untuk lebih jelasnya tentang kedua OS ini mungkin bisa anda lihat pada Artikel 8 Fitur Android 5.0 Lollipop yang Tidak Ada di iOS 8

Dari artilet tersebut bisa kita ambil kesimpulan bahwa secara kemampuan OS android memang memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan IOS 8.

Konektivitas dan teknologi

Nexus 9: LTE, HSPA, NFC, Wifi, Bluetooth 4.1, microUSB v2.0, HTC BoomSound Speaker

iPad mini 3: LTE, HSPA, Wifi, Bluetooth 4.0, microUSB v2.0 reversible connector

Meski keduanya memiliki fitur koneksi lengkap saat ini, namun ketiadaan koneksi NFC, menjadikan iPad Mini 3 memiliki satu kekurangan dibandingkan jumlah koneksi yang dimiliki Nexus 9.

Memperhatikan tabletnya dengan fitur keamanan, Apple iPad mini 3 tersedia teknologi Touch ID seperti pada iPhone 5c dan 5s, berbeda dengan HTC yang lebih memperhatikan fitur multimedia, ia memiliki speaker HTC BoomSound.

Kedua teknologi yang dibanamkan oleh kedua perangkat memang tidak bisa disejajarkan karena fungsinya yang berbeda,. Oleh karenanya terserah pengguna, mana teknologi yang diperlukan masing-masing.

Kesimpulan

Sulit memang menyimpulkan kedua tablet baru antara Apple iPad Mini 3 dan Nexus 9. Apalagi keduanya sama-sama memiliki keunggulannya masing-masing.

Dari pemaparan adu spesifikasi diatas terlihat jelas bahwa beberapa fitur memang banyak dimenangkan oleh Google Nexus 9, namun secara desain Apple iPad Mini 3 lebih elegan.

Oleh karenanya pilihannya balik lagi sesuai dengan budget dan kebutuhan masing-masing pengguna.
Tagged under: htc nexus 9, ipad mini 3, apple, tablet

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar